KONTAK KAMI

Saturday 21 May 2016

Etika Berpergian | Cara Haji Dan Umroh | Haji Umroh Yang Baik

http://www.hajiumrohyulianto.com/

A. ETIKA BERPERGIAN

1,) Bermusyawarah

  • Disunnahkan untuk bermusyawarah dengan orang yang dapat di percaya dalam agamanya, pegalamannya dan pengetahuannya dalam beribadah Haji pada saat ini, dan Wajib hukumnya bagi orang yang di ajak bermusyawarah untuk memberikan nasihat, membebaskan diri dari hawa nafsu, kepentingan pribadi dan sesuatu yang di bayangkan bisa bermanfaat bagi urusan dunia, karena sesungguhnya orang yang di ajak bermusyawarah @ orang yang mendapatkan kepercayaan.
2.) Istikhoroh
  • Ketika sudah ada keinginan menunaikan ibadah haji maka seyogyanya segera melakukan istrikhorah, akan tetapi istikhoroh ini bukan untuk meminta petunjuk apakah haji apa tidak karena haji adalah ibadah yang baik, tentunya tidak ada keragunan dalam hal ini, akan tetapi untuk meminta waktu penetapan pemberangkatan haji.
  • Barang siapa uang ingin melakukan istikharah, maka yang dilakukan adalah sholat sunnah 2 rakaat, kemudian berdoa
" Ya Allah sesungguhnya aku meminta pilihan yang terbaik kepadamu menurut pengetahuan Mu dan aku mohon takdir yang terbaik menurut takdir Mu. Aku memohon kepada Mu sesuatu dari Anugrah Mu yang agung karena Engkau yang mentakdirkan bukan aku yang mentakdirkan, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahui dan Engkau Adalah Maha Mengetahui Yang Ghaib."

" Ya Allah apabila Engkau Mengetahui bahwa kepergiannku untuk berhaji pada tahun iini lebih baik untukku, agamaku, Hidupku, Matiku, Dan urusanku, Mudahkanlah jalannya., Kemudian berilah keberkahan di dalamnya untukku. namun Jika engkau mengetahui keberangkatan ini buruk untukku, agamaku, Hidupku, Matiku, Dan urusanku, di dunia dan akhirat, Maka Jauhkan ia dariku dan jauhkan aku darinya, Takdirkanlah kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu beerada, kemudian ridhoilah aku dengannya."

DiSunnahkan ketika solat setelah membaca surat Alfatihah di Rakaat pertama Surat Alkafirun, Dan di Rakaat kedua surat Al Ikhlash, Kemudian apabila salat istikhoroh hendaknya menerima dengan lapang atas apa yang terbuka di dalam hatinya.

SELANJUTNYA KLIK HERE..!!


0 comments:

Post a Comment

Followers